Senin, 09 April 2012

Ciri Khusus yang Dimiliki Cecak

2. Ciri Khusus yang Dimiliki Cecak

Pernahkah kamu melihat cecak yang merayap di dinding rumahmu? Apakah makanan cecak? Cecak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah. Makanan cecak ialah serangga, seperti nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang dapat terbang, sedangkan cecak tidak dapat terbang. Bagaimana cecak dapat menangkap nyamuk? Ternyata, cecak telah memiliki ciri khusus, sehingga cecak dapat bertahan hidup di lingkungannya. Apakah ciri khusus yang dimiliki oleh cecak? Mungkin kamu sering melihat cecak yang merayap merayap di dinding. Cecak tersebut dapat merayap tanpa jatuh. Bahkan, cecak dapat merayap di langit - langit rumahmu tanpa jatuh. Seolah - olah badan dan kakinya menempel pada dinding atau langit - langit. Perhatikanlah Gambar 1.5.

Apa yang dapat kamu lihat dari Gambar 1.5? Benar,dari gambar tersebut kamu dapat melihat bahwa pada telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit - langit. Setelah cukup dekat dengan serangga yang akan dimangsanya, dengan cepat, cecak akan menangkap serangga dengan lidahnya. Jadi, lidah cecak pun merupakan ciri khusus yang dimiliki cecak. Cecak memiliki lidah yang panjang dan lengket. Oleh karena itu, dengan sekali menjulurkan lidahnya, serangga langsung menempel pada lidahnya dan dilahapnya.
Dari uraian tersebut, kamu tentu sudah dapat memahami ciri khusus yang dimiliki oleh cecak sehingga cecak dapat bertahan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar